Bahasa C

11 November 2009

Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard padatahun 1967, kemudian berdasarkan bahasa BCPL Ken Thomson yang bekerja di Bell Telephone Laboratories Mengembangkan bahasa B pada tahun 1970. saat itu bahasa B dapat diimplementasikan pada computer DEC PDP-7 dengan operating sistim UNIX. Pada tahun 1972 Denis Ritchie menyempurnakannya menjadi bahasa C. lalu bersam dengan Brian Kernighan mereka meluncurkan buku tentang bahasa C yang dijadikan panduan pemprograman Bahasa C.



C bisa disebut bahas pemprograman tingkat rendah. Arti tingkat disini adalah kemampuan mengakses fungsi-fungsi dan perintah-perintah dasar mesin/hardware.
Keungulan bahasa C
• C adalah bahasa pemprograman yang paling popular saat ini.
• C adalah bahasa pemrograman yang memiliki tingkat portabilitas yang tinggi
• C adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci yang sedikit
• C adalah bahasa pemrograman yang flexible
• C adalah bahasa pemprograman yang bersifat moduler
Program bahasa C adalah suatu program ang terdiri dari satu lebih fungsi. Fungsi utama yang harus dimiliki oleh bahasa C adalah fungsi main () adalah fungsi yang mengontrol fungsi-fungsi lain.
Cara penulisan fungsi pada program bahasa C adalah dengan memberi nama fungsi dan kemudian dibuka dengan kurung kurawal buka({) dan diakhiri dengan kurung kurawal tutup(}).

Proses pembuatan program C

Proses
1.Tulis Source code program Lalu Simpan dalam file
2.Kompile file source code
3.Jalankan program

Contoh
1.% emacs hello.c
2.% gcc hello.c
3.% a.out